MANGGA KASTURI - Idola baru di kalalangan buah mangga

Posted by Unknown Senin, 10 Februari 2014 3 komentar
Mangga unik       Mangga kasturi atau Mangifera casturi adalah tanaman endemik khas daerah Kalimantan Selatan. Mangga jenis ini menjadi maskot bagi Propinsi Kalimantan Selatan berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri tahun 1989. Namun sayangnya status mangga ini adalah Extinct in the Wild yang artinya bahwa mangga jenis ini telah punah dari habitat aslinya. Populasinya berkurang baik dari segi jumlah maupun jenisnya. Meskipun sudah dinyatakan punah, namun ada masyarakat yang membudidayakan mangga ini sehingga mangga ini masih dapat dinikmati.
        Pohon mangga kasturi dapat tumbuh setinggi 25 meter dan batangnya dapat mencapai diameter 40-115 cm. Kulit kayunya memiliki warna putih keabu-abuan hingga coklat terang. Kadang-kadang dijumpai retakan kecil pada batang mangga ini. Daunnya berbentuk lanset memanjang dengan ujung runcing dan pada kedua belah sisi tulang daun tengah terdapat 12 – 25 tulang daun samping, serta daun mudanya berwarna ungu tua. Mangga kasturi memiliki bunga ganda yakni putik dan benang sari berada pada satu bunga.        
              Pohon mangga kasturi ini dapat dibudidayakan dengan sistem tumpang sari.
Buah kasturi berbentuk bulat hingga lonjong layaknya mangga-mangga yang lain. Mangga ini memiliki kulit buah yang tipis. Warna kulitnya hijau terang dengan bintik-bintik hitam dan apabila sudah masak kulit buah berubah menjadi kehitaman. Daging mangga kasturi memiliki rasa yang enak dan lezat. Dagingnya berwarna kuning hingga orange. Mangga kasturi memiliki aroma yang khas dan aromanya ini menjadi daya pikat dari mangga kasturi. Mangga kasturi berbuah pada awal musim penghujan yakni antara bulan Januari. 
Warung Bibit Purworejo

Adapun Alamat Kami :

WARUNG BIBIT ( Bpk USMAN )
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari Rt 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Prop. Jawa Tengah
Telp   : 085729710988 (Call / WA)
         085228366998
Pin BB : 53E2E097
 


 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MANGGA KASTURI - Idola baru di kalalangan buah mangga
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tanibuah.blogspot.com/2014/02/mangga-kasturi-idola-baru-di-kalalangan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

buah kasturi nya ada ngga ya? mohon dibalas

Unknown mengatakan...

Mas/Pak, jual bibit kasturi hasil okulasi/cangkokan nya?

Unknown mengatakan...

Di rumah saya Malaysia ade sepohon sudah berumur 40thun...memang manis isinyee

Posting Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Produsen Tanaman Buah dan Kayu Kehutanan | Jual Bibit Tanaman Buah dan Kayu.